Alumni Doktor Ekonomi Sustainable Development Universitas Trisakti

Testimoni Dr. Amirul Wicaksono, ST, MM

Belajar lagi dalam Program Doktor Ilmu Ekonomi kekhususan Sustainable Development menjadi pilihan saya sebagai seorang praktisi di bidang perbankan untuk dapat mensarikan dan menuliskan pengalaman 25 tahun sebagai profesional bank sesuai kaidah akademis Strata-3. Universitas Trisakti bekerja sama dengan Colorado State University memajukan study tentang Pembangunan Berkelanjutan ini dengan berbagai dasar latar belakang keilmuan dari sosial, ekonomi dan lingkungan. Keuntungan yang saya harapkan setelah menyelesaikan program doktor dengan disertasi “Analisis Pengaruh Kapabilitas Teknologi Informasi, Inovasi Bisnis, Disrupsi Digital Dan Reaksi Disrupsi Digital Terhadap Kinerja Perbankan Berkelanjutan” adalah dapat terus menjaga keberlanjutan pengetahuan, pengalaman dan keilmuan yang menjadi keahlian saya tanpa dibatasi dengan waktu pensiun sebagai pegawai di perusahaan.

Sejalan dengan perubahan ekosistem bisnis, sosial dan lingkungan dengan isu-isu ke depan terkait perubahan iklim yang berdampak ke semua aspek kehidupan serta perubahan bisnis yang didorong oleh digitalisasi di semua bidang, maka memahami dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan “Sustainable Development Goals” yang merupakan kumpulan dari 17 tujuan global yang saling terkait yang dirancang untuk menjadi "cetak biru untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan untuk semua". SDGs ini ditetapkan pada 2015 oleh Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dan dimaksudkan untuk dicapai pada tahun 2030. Betapa beruntungnya Indonesia jika lebih banyak para profesional dan akedimisi yang menguji pengalaman dan pengetahuannya dengan mengikuti program doctor yang mengedepankan isu-isu Sustainable Development Goals sebagai novelty (kebaruan) disertasinya.

Testimoni Dr. Rudi Rusdiah BE, MA

Era Pandemi Covid 19 ini sebuah uji coba apakah sebuah usaha, bisnis, institusi, negara bahkan pribadi dapat survive atau sustain secara mikro, menghadapi dua ujian: Pertama adalah survival atau sustainability terkait kesehatan pribadi, karyawan dan masyarakat; Kedua adalah daya tahan dan sustainability terhadap krisis ekonomi yang diakibatkan oleh pandemic covid 19 secara langsung atau tidak langsung. Ilmu dan Pengetahuan yang sangat bermanfaat dalam profesi saya sebagai CEO PT Micronics Internusa, Chairman ABDI (Asosiasi Big Data & AI), serta Chief Editor majalah dan portal Komite.id.

Latar belakang saya adalah engineer, maka saya memilih topik Sustainable Development terkait Pembagunan di sektor Information Technology dengan judul “The Impact of Investment in Information Communication Technology(ICT) Service Sectors on Gross Value Added (GVA) and Enterprise Surplus During Big Data era (2009-2013) memanfaatkan IO Table (2008) dari BPS (Badan Pusat Statistik). Disertasi saya dalam Bahasa Ingris memanfaatkan kerjasama Program Doktor Ilmu Ekonomi, Universitas Trisakti dengan School of Global Environmental Sustainability, Fort Collins Campus, Colorado State University. Program Doktor Ilmu Ekonomi dengan bea siswa penuh dari LEMHANNAS, sebagai alumni PPRA XLII/2008 ini dapat saya selesaikan dengan predikat lulusan terbaik dengan IPK 3.70 pada tanggal 10 Oktober 2015.

Testimoni Dr. K.R.A.T. Suharyono S. Hadinagoro, M.M.

Pilihan unutk mengikuti Doktor Ilmu Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0 sangat tepat adalah dengan mengikuti Program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Sustainable Development Management pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti Jakarta. Dengan latar belakang belakang pekerjaan saya sebagai staff Employee Pertamina dan keinginan untuk memberikan kontribusi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan maka saya memilih kuliah pada Program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Sustainable development Management. Alhamdulillah dapat menyelesaikan studi dalam waktu 3 tahun, Lulus dengan IPK 3,82 predikat Cum Laude. Disertasi yang saya pertahankan pada tanggal 23 Desember 2020 berjudul “Analisis Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur Terhadap Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Timur”.

Kuncinya harus memiliki tekad yang kuat, fokus dan membangun jejaring yang luas untuk mencari solusi terbaik diiringi doa kepada Alloh Yang Maha Kuasa. InsyaAlloh sukses, bermanfaat dan barokah. Disamping thalabul ‘ilmi (kewajiban menuntut ilmu), Saya mendapat manfaat yang luar biasa dari mengikuti Program Doktor tersebut antara lain meningkatkan pengetahuan mengenai sustainable development Management sehingga kepedulian dan komitmen terhadap persoalan-persoalan pembangunan berkelanjutan semakin meningkat dan memotivasi diri untuk berbuat yang terbaik untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara Republik Indonesia tercinta.